June 18, 2017

Bagian I: Tahapan Seleksi SM-3T

Yak, sesuai bacotan gue di postingan sebelumnya, kali ini gue mau berbagi tentang seleksi SM-3T itu kayak gimana sih. Gue bakal berbagi pengalama gue pas ikut seleksi tahun lalu. Kuy lihat aja secara umumnya seperti gambar dibawah (catatan: ini gue ambil dari website resminya si boss besar, wkwk).


Oke, langsung aja yah. Pas tahun seleksi gue, 2016, atau tepatnya SM-3T Angkatan VI, ada empat tahapan seleksi, yaitu:


(1)        Seleksi Administrasi

Tahapan ini sama lah kayak tes-tes kerja pada umumnya, yang ngumpulin berkas ini itu sesuai yang dipersyaratkan untuk bisa mendaftar, batas umur maksimal, akreditasi institusi dan prodi (akreditasi kampus dan prodi gue pas gue daftar SM-3T ini di penghujung B, ga lama abis itu naik lagi jadi A, pedih kadang hidup ini yak), dan syarat-syarat lainnya. Oiya, daftarnya online, dan itu gratis! Syaratnya apa aja? Lo lihat aja dibawah ini yah, ini pas angkatan gue, SM-3T Angkatan VI.


Abis lu ngisi data-data pas mendaftar online. Oiya, nanti ada pilihan mau ambil tempat ujian dimana. Coba pertimbangkan, ada yang ambil LPTK tertentu karena dekat dengan tempat tinggal, ada juga yang mau sekalian liburan ke provinsi dimana LPTK itu berada, ada juga yang emang sejak awal ngincer daerah sasaran yang jadi jatah untuk LPTK itu, dan berbagai alasan lainnya bahkan nyari calon pendamping di kota itu, kocak gila. Terakhir, nanti cetak bukti pendaftaran yang bakal lu bawa pas ke tahapan seleksi selanjutnya (kalo lo emang rejeki lulus seleksi administrasi, wkwk). Form registration-nya ga ribet amat kok, menurut gue. Oiya, sekedar ngasih tau, nomor peserta gue 2016069919. Kagak tau itu maksudnya gimana, entah gue pendaftar yang ke 69.919 atau 9.919, soalnya katanya 2016 itu kode tahun, wkwk. Ah udahlah, yang penting udah lolos, haha. Dan, satu lagi, gue finalisasi-nya itu H-1 deadline buat daftar online. Jangan ditiru. Eh, ini formulir pendaftaran gue abis dicetak, abaikan coret-coret item dan fotonya haha.



Tips: Jangan daftar pas mau mepet deadline, karena server kadang juga bisa lelah, haha. Daripada makan hati, mending finalisasi dari jauh-jauh hari.


Kuy, kita lanjut ke tahapan berikutnya. Hm, berhubung terlalu panjang jadinya ini postingan kalo gue bacotin semua disini, jadi gue kasih aja link yang cukup lo klik-klik aja di masing-masing tahapan seleksinya. Oke, bos?







No comments:

June 18, 2017

Bagian I: Tahapan Seleksi SM-3T

Yak, sesuai bacotan gue di postingan sebelumnya, kali ini gue mau berbagi tentang seleksi SM-3T itu kayak gimana sih. Gue bakal berbagi pengalama gue pas ikut seleksi tahun lalu. Kuy lihat aja secara umumnya seperti gambar dibawah (catatan: ini gue ambil dari website resminya si boss besar, wkwk).


Oke, langsung aja yah. Pas tahun seleksi gue, 2016, atau tepatnya SM-3T Angkatan VI, ada empat tahapan seleksi, yaitu:


(1)        Seleksi Administrasi

Tahapan ini sama lah kayak tes-tes kerja pada umumnya, yang ngumpulin berkas ini itu sesuai yang dipersyaratkan untuk bisa mendaftar, batas umur maksimal, akreditasi institusi dan prodi (akreditasi kampus dan prodi gue pas gue daftar SM-3T ini di penghujung B, ga lama abis itu naik lagi jadi A, pedih kadang hidup ini yak), dan syarat-syarat lainnya. Oiya, daftarnya online, dan itu gratis! Syaratnya apa aja? Lo lihat aja dibawah ini yah, ini pas angkatan gue, SM-3T Angkatan VI.


Abis lu ngisi data-data pas mendaftar online. Oiya, nanti ada pilihan mau ambil tempat ujian dimana. Coba pertimbangkan, ada yang ambil LPTK tertentu karena dekat dengan tempat tinggal, ada juga yang mau sekalian liburan ke provinsi dimana LPTK itu berada, ada juga yang emang sejak awal ngincer daerah sasaran yang jadi jatah untuk LPTK itu, dan berbagai alasan lainnya bahkan nyari calon pendamping di kota itu, kocak gila. Terakhir, nanti cetak bukti pendaftaran yang bakal lu bawa pas ke tahapan seleksi selanjutnya (kalo lo emang rejeki lulus seleksi administrasi, wkwk). Form registration-nya ga ribet amat kok, menurut gue. Oiya, sekedar ngasih tau, nomor peserta gue 2016069919. Kagak tau itu maksudnya gimana, entah gue pendaftar yang ke 69.919 atau 9.919, soalnya katanya 2016 itu kode tahun, wkwk. Ah udahlah, yang penting udah lolos, haha. Dan, satu lagi, gue finalisasi-nya itu H-1 deadline buat daftar online. Jangan ditiru. Eh, ini formulir pendaftaran gue abis dicetak, abaikan coret-coret item dan fotonya haha.



Tips: Jangan daftar pas mau mepet deadline, karena server kadang juga bisa lelah, haha. Daripada makan hati, mending finalisasi dari jauh-jauh hari.


Kuy, kita lanjut ke tahapan berikutnya. Hm, berhubung terlalu panjang jadinya ini postingan kalo gue bacotin semua disini, jadi gue kasih aja link yang cukup lo klik-klik aja di masing-masing tahapan seleksinya. Oke, bos?







No comments:

Visitors

Thanks for visiting!

free counters

Followers

World Visiting